Resep Cara Membuat Soto Ayam dan Daging




Resep Cara Membuat Soto Ayam dan Daging - Banyak jenis soto yang dikenal. Dua diantaranya yang memiliki banyak penggemar adalah soto ayam dan soto daging. Soto ayam merupakan makanan yang sangat lezzat…Soto memang banyak sekali jenisnya, tapi kali ini kita akan bahan soto ayam…Soto Ayam special, walaupun hanya soto kalo enak bisa jadi ladang uang lo kalo masakan soto anda enak dan menjajakkan dagangannya di tempat yang ramai pembeli. Jadi jangan remehkan suatu makanan..Lantas, bagaimana cara membuat soto ayam yang spesial?? Oke langsung aja kita liat resepnya…

Bahan :
1 ekor ayam ukuran kecil, dipotong kecil, lumuri jeruk nipis/lemon, sisihkan
Lengkuas 2 cm, memarkan (kalo gak ada juga gak apa-apa kok)
1/2  buah bawang merah besar (kalo yang kecil kira2 5 buah) iris tipis
1 sendok teh  bawang putih bubuk
1/4 sendok teh jahe bubuk
1/4 sendok teh kunyit bubuk
Garam, merica, gula secukupnya
500ml air (kalo kurang boleh ditambah)
1/2 kaleng santan 
 
Pelengkap :
1 buah kentang, iris tipis dan digoreng kering
Touge segenggam, rendam sebentar dengan air panas
Bawang goreng
Jeruk nipis/lemon
Daun bawang dan seledri, iris tipis
Tomat, belah kecil
 
Cara Memasak:
Masukkan ayam, lengkuas, bawang merah dan semua bumbu ke dalam panci, tambahkan 500ml air. 
Masak ayam sampai empuk (kira-kira 30 menit)
Masukkan santan, aduk supaya santan tidak pecah.
 
Susun dimangkok : toge, kentang, siram dengan ayam dan kuah soto, taburi daun selederi/daun bawang, tomat dan bawang goreng serta beri perasan jeruk nipis